Langsung ke konten utama

Gunakan Knalpot Racing Dapat Buat Emisi Gas Buang Bertambah

Gunakan Knalpot Racing Dapat Buat Emisi Gas Buang Bertambah


Gunakan Knalpot Racing Dapat Buat Emisi Gas Buang Bertambah


Banyak pengendara sepeda motor yang mengganti knalpotnya dengan bikinan aftermarket atau knalpot racing. Maksudnya supaya perform yang dibuat dapat bertambah. Walau sebenarnya, pemakaian knalpot ini rupanya punya pengaruh pada emisi yang dibuat kendaraan. Tentu saja, ini dapat membuat motor jadi tidak lulus tes emisi.


Sementara, mulai dari 13 November 2021, kendaraan motor di Jakarta yang tidak lulus tes emisi akan dikenai tilang dengan denda maksimal Rp 250.000.


Berkenaan tingkat batasan emisi gas buang agar bisa lolos tes emisi, patokannya merujuk pada Peraturan gubernur DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2008 mengenai Tingkat Batasan Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Saksikan Foto Tes emisi sepeda motor di bengkel resmi Astra Motor Center Jakarta(Rendra Kusumah)


- Motor 2 tidak produksi di bawah 2010, CO di bawah 4,5 % dan HC 12.000 ppm.

- Motor 4 tidak, produksi di bawah 2010, CO maksimal 5,5 % dan HC 2.400 ppm.

- Motor di atas 2010, 2 tidak atau 4 tidak, CO maksimal 4,5 % dan HC 2.000 ppm.


Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, menjelaskan, knalpot yang tidak standard akan membuat emisi motor jadi tidak bagus. "Tetapi, jika knalpot standard dapat ditegaskan aman, karena detailnya yang baik. Satu diantaranya mempunyai katalisator (catalytic converter)," tutur Ribut.


Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, menjelaskan, peranan catalytic converter untuk kurangi emisi gas buang. Saksikan Foto Tes Emisi Kendaraan Gratis menjelang implikasi ancaman pada 24 Januari 2021


"Knalpot standard yang telah gunakan catalytic converter bila ditukar dengan knalpot racing atau aftermarket akan berbeda gas buang dibuatnya," kata Asep. Rio Tan, Manajer Technical Dukungan PT Enwan Multi Partindo (RCB Indonesia), menjelaskan, rerata knalpot racing tidak mempunyai catalytic converter.


"Karena memburu perform, ingin yang free flow," tutur Rio . Maka, bisa jadi emisi gas buang yang dibuat semakin tinggi dibanding motor yang memakai knalpot standard. Tetapi, dampak knalpot tidak besar. Sumber khusus tingginya emisi gas buang ialah mesin. Bila pembakarannya tidak prima, pasti buruk gas buang yang dibuat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Rekomendasi Knalpot Racing Motor Harga Terjangkau

  8 Rekomendasi Knalpot Racing Motor Harga Terjangkau Sangat penting untuk memilih knalpot yang sesuai dengan motor Anda, karena knalpot berdampak pada performa, akselerasi, dan torsi dari tunggangan favorit Anda. Untuk balapan lebih gagah dan kencang di jalanan, berikut rekomendasi merk knalpot racing terbaik yang bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu para rider sejati! Berikut ini adalah knalpot motor balap terbaik yang bisa Anda gunakan. Kualitasnya mumpuni dan bikin motor kamu makin keren! 1. Knalpot Sepeda Motor AHM Knalpot motor AHM merupakan merk dari Malaysia yang memiliki kualitas premium. Merk ini bisa dikatakan sebagai salah satu merk knalpot motor balap terbaik di Indonesia. Desain knalpot merek ini juga tidak terlihat murahan. Namun dengan kualitas dan desain seperti itu, knalpot merk AHM bisa dikatakan cukup mahal. Kisaran Harga: Rp 410.000 – Rp 8.000.000 2. Knalpot Sepeda Motor Tsukigi Knalpot Tsukigi adalah tipe racing yang diproduksi oleh perusahaan Jepang. Banyak bike

Knalpot Purbalingga Akan Jadi Project Percontohan Knalpot SNI

Knalpot Purbalingga Akan Jadi Project Percontohan Knalpot SNI Kepolisian terus lakukan pengusutan ke pengendara motor yang menggunakan knalpot racing bernada berisik karena mengusik pemakai jalan lain. Argumennya selain mengusik kenyamanan, penggunaan knalpot racing ataulah bukan standard pabrik dipandang tidak sesuai UU Nomor 22 Tahun 2009 mengenai LLAJ Pasal 285. Hal tersebut jadi perhatian serius beberapa produsen knalpot aftermarket lokal. Karena sekarang ini tidak ada standard baku atau Standard Nasional Indonesia (SNI) yang atur masalah knalpot. Polda Metro Jaya) Adapun sejauh ini ketentuan yang digunakan mengenai knalpot adalah Ketentuan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 7 Tahun 2009. Motor berkubikasi 80-175 cc, tingkat maksimal keributan 80 dB, dan untuk motor di atas 175 cc maksimal berisik 83 dB. Kepala Tubuh Standarisasi Nasional (BSN) Kokoh Saifudin Achmad, menjelaskan, hingga kini memang tidak ada SNI untuk knalpot aftermarket. Kokoh ajak pelaku Industri Kecil Menenga

Penyebab Knalpot Nembak Nembak Saat Dinyalakan

Penyebab Knalpot Nembak Nembak Saat Dinyalakan Ada banyak pemicu mengapa knalpot motor nembak-nembak saat dikemudikan. Tanda-tanda knalpot motor nembak-nembak memang jarang-jarang muncul karena biasanya terjadi pada knalpot racing. Tetapi jika knalpot bawaan motor nembak apa pertanda ada permasalahan di mesin? Bie Hau sebagai owner produsen knalpot racing merk ProSpeed kasih keterangan tentang ini. "Sebetulnya knalpot bawaan motor meletus atau nembak itu lumrah asal cuma kadang-kadang tidak berulang-kali" membuka Bie Hau saat dijumpai team redaksi. Menurut Bie Hau, knalpot bawaan motor nembak biasa terjadi saat pemakai tutup atau kurangi bukaan throttle gas. "Saat kurangi throttle gas, ada banyak gas buang yang kembali," jelas Bie Hau. "Gas buang yang kembali itu selanjutnya berkenaan gas exhaust (pembuangan), akhirnya terjadi letupan," sambungnya. Jika pada knalpot racing, tanda-tanda nembak-nembak sering jadi pertanda ada kebocoran. "Umumnya jika di